green

green

Senin, 18 Mei 2015

Komentar Blog




Komentar Blog

 

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika
Intuisi memang memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Contohnya dalam mengkonstruk pengetahuan baru bagi siswa dan menghubungkan dengan pengalaman mereka sebelumnya. Intuisi tidak hanya dilihat dari satu sisi sebagai proses berpikir dan menalar melainkan juga kegiatan dalam memanfaatkan sumber belajar dan memilih metode belajar. oleh karena itu intuisi yang sudah ada pada siswa hendaknya distimulasi dengan kegiatan-kegiatan matematika yang bermakna.

 

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)
Guru sangat berperan penting dalam menumbuhkan intuisi siswa. Metode mengajar yang konvesional dengan berorientasi pada hasil, bisa jadi malah membatasi intuisi siswa. oleh karena itu guru haruslah dapat menyajikan pembelajaran mmatematika yang bermakna dengan mengembangkan student center, metode yang kontekstual dan menyenangkan, media yang variatif dan tentunya motivasi bagi siswa. Dengan pengetahuan awal yang dimiliki, dan melalui pembelajaran yang bermakna diharapkan intuisi siswa semakin meningkat.

 

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition
Intuisi sebenarnya sudah dimiliki oleh masing-masing siswa. Namun guru perlu menciptakan metode pembelajaran yang kratif agar intuisi siswa semakin meningkat. Hal ini bisa dibudayakan dengan mendorong siswa untuk berpikir kratif, memfasilitasi siswa dengan media dan lembar kerja yang interaktif dan menarik, kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, atau menyajikan masalah-masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition
Di dalam kurikulum sudah ditentukan kompetensi-kompetensi siswa yang disesuaikan berdasarkan tahap perkembangannya. Adalah tugas seorang guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dalam mencapai kompetensi matematika siswa. Guru dapat mengaplikasikan pendekatan, model, dan metode yang sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Pembelajaran yang dirancang haruslah dapat menghimpun pengetahuan dasar dan pengalaman baru siswa. maka siswa akan menghasilkan intuisi siswa.

 

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research
Guru yang ideal akan selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik (peningkatan). Perubahan ini selalu didasarkan pada pengalaman sebelumnya, tentang kendala yang dihadapi, kelemahan yang masih dialami. Hal ini menjadi dorongan dan motivasi bagi guru dalam melakukan penelitian dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Intuisi seorang guru berperan dalam melakukan dugaan-dugaan terhadap solusi masalah pembelajaran yang dialami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar