green

green

Kamis, 14 Mei 2015

Komentar Blog




Kumpulan Komentar

Tanya Jawab Filsafat

abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016

saya mencoba menjawab pertanyaan nomor 3.
hidup yang dipenuhi ketidakpastian akan menjadi kekhawatiran bagi orang-orang yang tidak memiliki hati yang kuat. bukankah Allah telah menjajikan kebehagiaan bagi orang-orang yang selalu taat kepada-Nya. maka dari itu kita senantiasa bersyukur dan selalu mendekatkan diri kepada Allah agar dikuatkan dan diteguhkan keimanannya. sehingga tidak ada lagi kekhawatiran terhadap segala takdir-Nya. manusia hanya dapat berdoa dan berikhtiar, selebihnya adalah kuasa-Nya. selagi manusia terus berupaya dan yakin, maka tidak ada ketidakpastian yang sia-sia. Aamiin

niat adalah kunci dalam melakukan aktivitas apapun. mari luruskan niat kita saat akan melakukan kegiatan. selalu berpikir positif dan tersenyum. bukankah senyum itu adalah ibadah. dan yang terpenting selalu berdoa, mengharap kemudahan, kelancara, dan berkat dari Allah SWT. semoga apa yang kita lakukan selalu memberikan manfaat bagi diri kita dan orang-orang disekeliling kita. lakukan semua aktivitas dengan ikhlas. selalu menebar hal positif dilingkungan sekitar kita. insya Allah hidup kita akan damai dan penuh manfaat.
 

mencoba menjawab no.5
membelajarkan siswa di SD memiliki karakteristik menyenangkan dan meaningful. jadi peran guru disini sebagai motivator dan fasilitator. bagaimana guru dapat menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan memfasilitasi siswa agar mereka dapat membangun pengetahuan dan menemukan makna sendiri. pembelajaran matematika bukanlah menanamkan konsep kepada siswa, tapi menemukan konsep melalui pengalaman belajar mereka. terima kasih

bagaimana menyeimbangkan adat dan agama?
adat adalah salah satu dari kebudayaan. kedudayaan adalah hasil cita, rasa, dan karsa manusia yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. sedangkan manusia hidup berpegang teguh pada keyakinan atau agama yang dianut. agama mengajarkan kepada kita bagaimana hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. meski terkadang adat bertentangan dengan ajara agama, kita hendaknya bersikap bijak pada tradisi yang ada. manusia hidup karena menterjemahkan dan diterjemahkan .

Menjawab pertanyaan nomor 2
Filsafat adalah keterampilan berolah pikir. Berpikir tentang masalah-masalah dalam kehidupan dengan metode hidup. lebiih dari itu filsafat adalah proses berpikir mendalam dalam upaya mencari kebenaran. Menggunakan filsafat secara bijaksana berarti bahwa menghadapi masalah dalam hidup kita dengan berpikir secara mendalam dan merefleksikan dalam diri kita. meskipun begitu manusia tidak hanya mengandalkan pikiran tetapi juga hati.

Menjawab soal nomor 6
Menanggulangi kehidupan kontemporer yang negatif tidak bisa dilakukan dalam cara yang cepat. Semua harus berawal dari akarnya. Pengaruh kemajuan teknologi tidak bisa dihentikan namun bukan berarti tidak dapat dikendalikan. Kita sebagai seorang guru dapat melakukan hal-hal preventif salah satunya penanaman karakter pada anak sejak dini. Melalui pembiasaan dan melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran di sekolah. Jika kita sejak dini membentuk karakter yang tangguh, maka generasi muda tidak akan mudah terjerumus dalam kehidupan kontemporer.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar