green

green

Kamis, 14 Mei 2015

Komentar Blog



Kumpulan Komentar

Peta 1- Peta Pendididikan Dunia – dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest
abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016

tiga kolom dari kiri (Industrial trainer, tecnological pragmatist, dan Old humanis) adalah senjata bagi kaum-kaum neo capitalisme. saat ini indonesia masih berada pada tataran ketiga zona diatas. cita-cita kita adalah masuk ke zona gradasi (Progresivisme dan Public educator). dimana kehidupan politik kita adalah sebuah demokrasi yang sarat akan kesadaran. sumber daya manusia dibentuk sebagi sebuah hierarkhi, bukan pada berkeadilan/kebebasan. bahkan pada pembelajaran matematika, siswa diibaratkan sebagai "tong kosong" yang perlu diisi. maka dari itu guru haruslah mampu memfasilitasi aktifitas siswa dalam membangun pengetahuan yang mereka temukan sendiri..

 

Peta 2- Peta Pendididikan Dunia – dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest
abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016

pendididikan bagi masyarakat industrial trainer, tecnological pragmatis, dan Old humanis menempatkan siswa seperti tong kosong yang perlu diisi. diisi dengan pengetahuan yang diberikan oleh guru melalui metode yang konvensional. sedangkan dua kolom sebelah kanan yaitu Progressive educator dan public educator menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang memberikan kesempatan bagi siswa dalam melakukan aktivitas dengan tujuan membangun konsep.

abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016
dalam kurikulum yang dikembangkan saat ini, sistem pendidikan dirancang bukan lagi berdasar pada bakat ataupun potensi siswa melainkan pada kebutuhan siswa. aspek yang dilibatkan juga semakin meluas, baik dari segi sosial, ekonomi, maupun budaya. kini pembelajaran berpusat pada siswa, bukan lagi teacher center. semua ini bertujuan untuk menumbuhkan pengalaman siswa dalam membangun dan menemukan konsep/pengetahuan.

 

Peta 4- Peta Pendididikan Dunia – dibuat oleh Marsigit dari Paul Ernest
abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016

seperti itulah keadaan pendidikan di Indonesia sekarang. sistem pendidikan yang sebenarnya dirancang cukup baik, terlalu tergesa-gesa dan memaksa untuk diterapkan. hal ini menjadikan kebijakan tersebut bersifat parsial dan hanya berlaku dalam jangka pendek. akhirnya pemerintah harus melakukan evaluasi kembali yang justru memakan waktu yang cukup lama. peran kita sebagai guru dalam menanggapi keadaan seperti ini adalah menjadikannya sebagai tantangan, bagaimana agar kebijakan tersebut dapat terealisasi namun dengan memanfaatkan kekhasan yang dimiliki.


abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016
tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif, dan mulai meninggalkan sistem belajar yang konvensional. media/alat belajar dihadirkan agar apa yang masih abstrak bagi siswa menjadi cukup konkret. sumber belajar juga dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita secara kontekstual. siste penilaiannya juga semakin luwes, tidak terpaku pada model tes. dapat dikembangkan model lain seperti portofolio, performance, proyek, dan yang lainnya. pembelajaran dirancang secara kolaboratif sehingga guru bukan satu-satunya sumber belajar.


Bagaimana meningkatkan dimensi notion kita?
abiy risabethe S2 P2TK dikdas 14712259016
pendapat saya... ada banyak cara untu meningkatkan notion kita. salah satunya dengan membaca (buku, artikel, jurnal, surat kabar, media cetak maupun elektronik, blog, dll). dari kegiatan ini kita dapat memberikan ide atau dan pendapat kita. ini sangat membantu dalam menciptakan notion-notion dan mengembangkan pikiran kita menjadi lebih bermakna. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar